CPL Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
A. CP Sikap dan Tata Nilai
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri;
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
Mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dan kenusantaraan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
B. CP Pengetahuan
Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan Pendidikan;
Menguasai ragam genre dan teks multimoda;
Menguasai teori-teori belajar dan konsep pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
Menguasai konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
Menguasai konsep dasar psikologi, sosiologi, dan antropologi Pendidikan;
Menguasai konsep dasar karya ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
C. CP Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri;
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
D. CP Keterampilan Khusus
Menganalisis bahasa dan karya sastra berdasarkan konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia;
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam beragam genre teks;
Mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
Mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia 5. Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 6. Mampu mempraktikkan keterampilan berbahasa dalam bidang kebahasaan, kesastraan, kejurnalistikan, kepewaraan, ke-bipa-an, penulisan buku fiksi/nonfiksi, penerjemahan, dan/atau bidang lainnya;
Mampu merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan.