Tujuan PS (terkait dengan profil lulusan)
- Menghasilkan sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang memiliki akhlak mulia, mandiri, unggul untuk mengembangkan tugas profesional sebagai pendidik, peneliti, pengembang kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah;
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang Berakhlak Mulia dan Berkarakter Negarawan
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang Menguasai Lingkup Keilmuan Pendidikan Hukum, Pendidikan Politik Kenegaraan, serta Pendidikan Nilai, Moral dan Karakter Kebangsaan
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang Memiliki Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran yang Menyenangkan
- Menghasilkan Karya Akademik yang Unggul dan Bermutu melalui Kegiatan Pendidikan dan Penelitian dalam lingkup keilmuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Berkontribusi Secara Aktif dalam Pembinaan dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Kesadaran Hukum dan Penguatan Nilai-nilai Karakter kebangsaan
Strategi Pencapaian Tujuan PS
Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Uninus dapat dilihat sebagaimana tabel di bawah ini:
Komponen | Sasaran | Strategi Pencapaian | Tolak ukur (indikator) | Capaian tahun 2021-2022 | Rencana Strategis periode 2020-2025 | |||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2022-2023 | 2023-2024 | 2024-2025 | 2025-2026 | |||||
Bidang Pendidikan | Tercapainya kualitas lulusan yang dihasilkan program studi sesuai standar | Meningkatkan kualitas pembelajaran | Rata-rata perolehan IPK | 3.45 | 3.48 | 3.5 | 3.5 | 3.55 |
Meningkatkan relevansi kurikulum dengan pengguna lulusan | Rata-rata masa studi mahasiswa | 4.2 tahun | 4.1 tahun | 4 tahun | 4 tahun | 3.7 tahun | ||
Rata-rata masa tunggu lulusan mendapat pekerjaan | 3.5 bulan | 3 bulan | 3 bulan | 3 bulan | 3 bulan | |||
Menyelaraskan kurikulum prodi dengan asosiasi prodi sejenis tingkat nasional (AP3KnI) | Kesesuaian materi kurikuler program studi secara nasional | 100 % kompetensi lulusan & profil lulusan relevan dengan prodi sejenis | 100% capaian pembelajaran relevan prodi sejenis | 100% capaian pembelajar an relevan prodi sejenis | 100% capaian pembelajar an relevan prodi sejenis | 100% capaian pembelajar an relevan prodi sejenis | ||
Penelitian | Tercapainya kegiatan penelitian dan publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa yang berkontribusi bagi pengembangan keilmuan dan kepentingan publik | Pengembangan kemampuan dosen dan mahasiswa memperoleh bantuan penelitian melalui pelatihan penulisan proposal bantuan penelitian | Memperoleh hibah kompetitif Nasional dari Ristekbrin | 4 Penelitian | 6 Penelitian | 6 Penelitian | 7 Penelitian | 9 Penelitian |
Memperoleh Hibah kompetitif internal penelitian dari PT sendiri | 8 penelitian | 8 penelitian | 9 penelitian | 9 penelitian | 9 penelitian | |||
Mendorong penulisan dalam jurnal ilmiah bereputasi | Memiliki jurnal program studi Terakreditasi | terbitan artikel pada jurnal prodi Cisoc sinta 5 dan“jornal of national awareness society” secara berkala | jurnal terakreditasi sinta 4 | jurnal terakreditasi sinta 3 | jurnal terakreditasi sinta 2 | jurnal terakreditasi sinta 1/2 | ||
Publikasi jurnal ilmiah nasional | 8 publikasi | 9 publikasi | 12 publikasi | 15 publikasi | 17 publikasi | |||
Publikasi jurnal ilmiah internasional | 16 publikasi | 18 publikasi | 20 publikasi | 20 publikasi | 21 publikasi | |||
Pengabdian Kepada Masyarakat | Tercapainya pelibatan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan misi program studi | Pengembangan kemampuan dosen dan mahasiswa untuk memperoleh bantuan abdimas melalui pelatihan membuat karya yang bermanfaat bagi masyarakat | Keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam pelatihan, workshop untuk mengembangkan kegiatan abdimas | 7 kegiatan | 7 kegiatan | 8 kegiatan | 9 kegiatan | 9 kegiatan |
Keterlibatan dosen dan mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat | 7 abdimas | 7 abdimas | 8 abdimas | 9 abdimas | 9 abdimas |