1. Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Luar Biasa

Program Studi yang Menghasilkan lulusan Unggul dalam Tata Laksana Identifikasi, Asesmen, dan Ortodidaktik Anak Berkebutuhan Khusus di Tingkat Internasional dalam Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Berlandaskan Nilai-Nilai Islami Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah Pada Tahun 2030.

 

  1. Visi Manajerial Program Studi Pendidikan Luar Biasa

Program studi yang unggul di Tingkat Nasional dan Internasional dalam Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Berlandaskan Nilai-Nilai Islami Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah Pada Tahun 2030

 

  1. Misi Program studi Pendidikan Luar Biasa

Menyelenggarakan pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional di bidang pendidikan khusus yang memiliki karakter Islami dan cinta tanah air.

Melaksanakan penelitian yang berfokus pada solusi untuk tantangan pendidikan khusus, serta menghasilkan inovasi yang relevan bagi kebutuhan masyarakat.

Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarkat yang memberi dampak positif bagi anak berkebutuhan khusus dan komunitas, serta mendukung pembangunan masyarakat.

Menginisiasi dan memperkuat kerjasama dengan institusi nasional dan internasional untuk mendukung pengembangan keilmuan dan profesionalisme di bidang pendidikan luar biasa.

 

  1. Tujuan Program Studi Pendidikan Luar Biasa

Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional di bidang pendidikan khusus yang berkarakter Islami dan cinta tanah air dengan landasan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah.

Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dan keterampilan dalam bidang pendidikan khusus yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu bersaing dan beradaptasi dengan tuntutan masa depan di tingkat nasional dan internasional.

Berkontribusi pada kemajuan pendidikan khusus melalui pelaksanaan dharma penelitian yang dapat memenuhi kebutuhan dan tantangan anak berkebutuhan khusus serta bermanfaat bagi masyarakat.

Berkontribusi kepada masyarakat yang mendukung pemberdayaan dan kesejahteraan anak berkebutuhan khusus melalui pelaksanaan dharma pengabdian kepada masyarakat

Menghasilkan kemitraan strategis dengan institusi pendidikan, lembaga profesi, serta organisasi nasional dan internasional untuk meningkatkan reputasi program studi dan daya saing lulusan di bidang pendidikan khusus.

 

  1. Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi Pendidikan Luar Biasa

 

Tabel 1.1. Tujuan dan strategi pencapaian tujuan

 

 

 

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional di bidang pendidikan khusus yang berkarakter Islami dan cinta tanah air, dengan landasan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah untuk mendidik anak berkebutuhan khusus.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dan keterampilan dalam bidang pendidikan khusus selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan lapangan, serta mampu bersaing dan beradaptasi dengan tuntutan masa depan di tingkat nasional dan internasional.
  3. Berkontribusi pada kemajuan pendidikan khusus melalui pelaksanaan dharma penelitian yang dapat memenuhi kebutuhan dan tantangan anak berkebutuhan khusus serta bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Berkontribusi kepada masyarakat yang mendukung pemberdayaan dan kesejahteraan anak berkebutuhan khusus melalui pelaksanaan dharma pengabdian kepada masyarakat
  5. Menghasilkan kemitraan strategis dengan institusi pendidikan, lembaga profesi, serta organisasi nasional dan internasional untuk meningkatkan reputasi program studi dan daya saing lulusan di bidang pendidikan khusus.
  • Mengintegrasikan nilai-nilai pendidik yang profesional ke dalam pembelajaran.
  • Mengintegrasikan nilai-nilai Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah ke dalam pembelajaran.
  • Memfasilitasi kegiatan-kegiatan ko-kurikuler yang mengintegrasikan nilai-nilai kecintaan pada tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

  • Mengembangkan kurikulum yang selaras dengan kebutuhan lapangan dan tren keilmuan global dan nasional.
  • Mengimplementasikan sistem pembelajaran berbasis aplikasi.
  • Mengembangkan kemampuan praktis melalui magang dan kerja lapangan
  • Menyelenggarakan program praktik lapangan yang meliputi pada kompetensi guru, manajemen sekolah, dan pengajaran anak berkebutuhan Khusus (ABK).
  • Menyelenggarakan/memfasilitasi kegiatan-kegiatan akademik di luar perkuliahan yang dapat menunjang kompetensi keilmuan dan keterampilan lulusan dalam bidang pendidikan khusus yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen untuk dapat melaksanakan penelitian, terutama yang didanai oleh lembaga di luar institusi.
  • Menjalin kolaborasi dengan para mitra untuk memahami kebutuhan nyata di masyarakat dan pelaksanaan penelitian bersama.
  • Mendorong publikasi hasil penelitian dosen dan/atau mahasiswa di jurnal, prosiding nasional dan internasional bereputasi, serta aktif dalam seminar atau konferensi pendidikan khusus nasional dan internasional.
  • Membangun program riset berkelanjutan yang bertujuan untuk menciptakan penelitian yang tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga mampu memberikan solusi praktis yang bisa diterapkan secara luas.
  • Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen untuk dapat melaksanakan penelitian, terutama yang didanai oleh lembaga di luar institusi.
  • Menjalin kolaborasi dengan para mitra untuk memahami kebutuhan nyata di masyarakat dan pelaksanaan penelitian bersama.
  • Mendorong publikasi hasil penelitian dosen dan/atau mahasiswa di jurnal, prosiding nasional dan internasional bereputasi, serta aktif dalam seminar atau konferensi pendidikan khusus nasional dan internasional.
  • Membangun program riset berkelanjutan yang bertujuan untuk menciptakan penelitian yang tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga mampu memberikan solusi praktis yang bisa diterapkan secara luas.
  • Mendorong eksistensi program studi dalam keikutsertaan dan partisipasi pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan, lembaga pemerintah, lembaga profesi serta organisasi baik nasional dan internasional.
  • Menginisiasi tindak lanjut kerja sama yang sudah terjalin dengan mitra melalui penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang relevan dengan konteks kerja sama.
  • Melaksanakan excellent service kepada mitra selama dan sesudah pelaksanaan kegiatan kerja sama.